2008,, Saatnya melakukan Perubahan diri menjadi lebih baik.
Tahun baru merupakan suatu momen yang cocok untuk melakukan perubahan diri. Kini saatnya membuka lembaran baru dalam kehidupan kita menuju masa depan yang gemilang dan menjadi pribadi Muslim yang sukses. Lalu apa yang harus Kita lakukan untuk meraih itu semua??
Nah, kali ini redaksi bermaksud untuk mengupas kulit, eh maksudnya mengupas tips untuk menjadi seorang manusia yang keren. Apakah itu??

Buat Visi Hidupmu!!!
Tentukan tujuan hidupmu. Tuliskan hal-hal yang akan kau capai di tahun 2008 dan di masa depanmu. Seperti sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, kalau kau memiliki tujuan, dengan waktu singkat kau akan mendapatkan barang yang telah kau rencanakan untuk kesejahteraan hidupmu. Tapi kalau kau tidak memiliki tujuan kau akan membeli segala sesuatu yang terlihat menarik padahal barang itu sama sekali tidak berguna bagi kehidupanmu, dan harta dan waktumu tentu akan habis dengan kegiatan yang sia-sia itu. Jika kau hidup tanpa tujuan, kau akan seperti sebuah batang kayu yang berada di air. Batang kayu itu berjalan seiring dengan aliran air. Kadang kayu tersebut menabrak batu dan diakhir perjalanannya kayu tersebut menjadi hancur, lapuk, dan tidak bermanfaat sama sekali.
Bikin Visi itu kan ga gampang! Gimana caranya??
Ok boss! Langkah yang harus kita lakukan untuk membuat visi adalah:
• Lihat potensi mu, tentukan cita-cita dan profesi yang akan kau capai di masa yang akan datang.
• Cari keterangan-keterangan yang unik tentang profesi tersebut. Hal itu harus bisa menegaskan bahwa profesi itu adalah profesi yang paling baik buat dirimu.
• Tentukan tujuan kau memilih profesi tersebut, tentunya harus bermanfaat dan sejalan dengan tujuan utama kita hidup dan sesuai tuntunan Rasulullah saw.
• Tuliskan hal diatas dalam media yang sering kau lihat (misalnya poster yang ditempel di kamarmu, atau di kertas kecil yang kau simpan di dompet).
• Sampaikan visi kita kepada orang lain agar orang lain ikut memotivasi dan mendoakan.
Dan ber-ikhtiar-lah (berusaha yang terbaik) dalam meraih cita-cita mu!!

Gali Potensimu!!!

Buat Peta Kehidupan!!!
Buat target kehidupan. Buatlah rancangan planning hidupmu mulai dari bulan Januari sampai bulan Desember. Tentukan hal-hal yang harus kau capai di bulan januari, lalu februari, kemudian maret, dst.. Yang tentunya harus sesuai dengan kemampuanmu.

Buat Agenda Harian!!!
Susun rencanamu hari ini, esok, lusa, besoknya lusa, lusanya lusa, besoknya lusanya lusa, lusanya lusanya lusa, minggu depan, dst.. Tuliskan agenda tersebut dengan detail. Semakin detail, semakin baik.

Manajemen Waktu!!!
• Jangan menunda-nunda
• Lacak aktivitas mu, apa kau sudah memanfaatkan waktu setiap detiknya dengan sebaik-baiknya tanpa ada waktu yang terbuang sia-sia?
• Konsentrasilah pada proses, Evaluasi hasil atas aktivitas.
• Gunakanlah waktu perjalananmu dengan bijaksana, misalnya saat di ancot daripada bengong mendingan baca buku/Al-Quran/melakukan hal-hal yang lebih produktif lagi.
• Bersikaplah tegas terhadap rencana yang telah kau buat, katakan TIDAK terhadap ajakan atau hal-hal yang akan merusak rencanamu.
• Jadwalkan waktu untuk relaxasi

Daaaaaaaaan Selamat menjadi orang sukses yang LUAR BIASA!!!