Di sebuah ladang terdapat sebongkah kayu yang amat besar. Dan seorang petani tua selama bertahun-tahun membajak tanah yang ada di sekeliling batu besar itu. Sudah cukup banyak mata bajak yang pecah gara-gara membajak di sekitar batu itu.Padi-padi yang ditanam di sekitar batu itu pun tumbuh tidak baik.

Hari ini mata bajaknya pecah lagi. Ia lalu memikirkan bahwa semua kesulitan yang dialaminya disebabkan oleh batu besar ini. Lalu ia memutuskan untuk melakukan sesuatu pada batu itu.

Lalu ia mengambil linggis dan memulai menggali lubang di bawah batu.Betapa terkejutnya ia ketika mengetahui bahwa batu itu hanya setebal sekitar 6 inchi saja. Sebenarnya batu itu bisa dengan mudah dipecahkan dengan palu biasa. Kemudian ia lalu menghancurkan batu itu sambil tersenyum gembita. Ia teringat bahwa semua kesulitan yang dialaminyaselama bertahun-tahun oleh batu itu ternyata bisa diatasinya dengan mudah dan cepat.

Renungan!!!

Kita selalu ditakuti oleh bayangan, seolah permasalahan yang kita hadapitampak besar, padahal ketika kita maumelakukan sesuatu, persoalan itu mudah sekali diatasi. Maka, atasi persoalan Anda sekarang. Karena belum tentu sebesar yang Anda takutkan dan belum tentu sesulit yang Anda bayangkan.