• Jujur itu penting gak?
  • Apa pendapat kamu tentang kerja sama pas ujian? Penting gak? Kenapa?

Nah beberapa temen udah ngasih komentarnya nih,, katanya:

Jujur itu penting, kerja sama pas ujian gak terlalu penting karena kalo hidup kita terus menerus diisi kebohongan, gak akan bikin hati kita tenang. Kalo kita yakin bisa berusaha semampunya buat apa kerja sama? Ntar malah ga yakin ama kemampuan sendiri” (Mr. Crab)

“Jujur itu penting, dengan jujur kita mudah mendapatkan kepercayaan orang, sebenarnya kalo kita nyontek itu gak boleh apalagi pas ulangan, tapi penting gak penting sih! Soalnya itu merupakan suatu yang mendesak.” (Someone)

“Jujur itu penting namun sulit dipertahankan, tapi kalau masalah kerja sama pas ujian itu gak murni sebagai kesalahan orang-orang yang bekerja sama dan menyontek mungkin sistem pendidikan yang gak mendukung dan muatan pelajaran yang terlalu padat dan bagi siswa yang gak mampu akhirnya mencari jalan lain. Yang perlu ditanamkan adalah budaya malu, kalo murid malu ia akan bersungguh-sungguh belajar dan tidak akan mencontek. Intinya usahakan untuk jujur itu lebih utama, tapi kalo gak malu silahkan berbuat sesukanya, mungkin balasannya akan terlihat jelas nanti. Wallahua’lam bishawab.” (Irfan Fahmi)

“Jujur itu penting banget, dengan jujur semua bisa lebih terasa sempurna dan jujur adalah sesuatu yang disukai Allah SWT, karena ciri-ciri orang munafik adalah salah satunya bohong, dusta. Pas ulangan juga harus jujur, karena kita dapat amanat untuk tidak kerja sama. Dan kesannya kalo nyontek berarti kita gak PD and gak percaya pertolongan Allah.” (The DR)

“Jujur itu penting banget. Karena jujur menuntun langkah ke keridhoan-Nya. Jujur menghindarkan kita dari keresahan dan rasa bersalah. Yang penting orang jujur bukanlah orang munafik. Nyontek itu cuma ngebohongin diri sendiri. Harusnya ga perlu nyontek karena kemampuan kita jadi gak terukur.” (Ve)

nAH sEKARANG,, aPA pendapat Kamu tentang hal ini???