Seorang Muslim yang memiliki tingkat disiplin diri yang tinggi akan terlihat dalam kehidupan sehari-harinya baik itu dalam bekerja, beribadah ataupun aktivitas lainnya. Waktu 24 jam sehari untuk seorang Muslim adalah waktu untuk mempraktekkan disiplin diri dalam tiap kegiatannya. Seorang Muslim yang baik adalah seorang Muslim yang memiliki tingkat disiplin diri yang tinggi.

Dibawah ini adalah 12 cara untuk menjadi seorang Muslim dengan tingkat disiplin diri yang tinggi:

1. Selalu menyembah Allah SWT, berkomunikasi dengan-Nya dan serahkan diri kepada Allah SWT. Hal itu bisa dilakukan dengan menjaga ibadah kita kepada-Nya dan membersihkan hati dari meyakini kepada apa yang selain Allah SWT.

2. Biasakan membaca Al-Qur’an, baca arti dan pahami makna yang terkandung didalamnya.

3. Membaca buku-buku relijius yang menjelaskan bagaimana caranya memperbaiki dan membersihkan hati.

4. Menghadiri program-program yang mendidik seperti kelas pelajaran dan perkuliahan..

5. Gunakan waktu anda dengan perbuatan yang baik yang akan memberikan manfaat baik untuk dunia dan akhirat anda.

6. Tidak terlalu ‘bermanja-manja’ dengan perbuatan yang dilarang oleh ajaran Islam dan tidak berpikir terlalu banyak tentang hal yang dilarang tersebut.

7. Berteman dan berkumpul dengan orang-orang shalih yang dapat membantu kita menjadi seseorang yang lebih baik. Mereka yang hidup sendiri akan kehilangan makna persaudaraan seperti berbuat baik dan menjadi lebih sabar.

8. Mencoba untuk melaksanakan apa yang kita pelajari dan mempraktekkannya.

9. Introspeksi diri.

10. Percaya pada diri sendiri – sambil berserah diri kepada Allah – karena seseorang yang tidak memiliki kepercayaan diri maka ia tidak dapat berbuat.

11. Meremehkan diri sendiri karena merasa tidak melakukan sesuatu yang cukup karena takdir Allah SWT. Manusia harus tetap beusaha dengan giat dan sementara itu juga tetap berpikir bahwa usahanya saja tidak akan cukup selain semuanya atas izin Allah SWT.
12. Mempraktekkan penyendirian yang sesuai dengan syariah Islam. Kita tidak perlu untuk selalu bercampur dengan orang banyak bahkan kita perlu memberikan waktu untuk menyendiri untuk beribadah kepada Allah SWT sebagaimana diajarkan oleh syariah Islam.

Referensi: islam-qa.com

disalin dari http://dhuha.net/id/content/islam/counseling/12-cara-untuk-menjadi-seorang-Muslim-yang-memiliki-tingkat-disiplin-diri-yang-tinggi